Info Terbaru 2022

Cara Menciptakan Hardisk Internal Menjadi Eksternal Baik Laptop Juga Pc

Cara Menciptakan Hardisk Internal Menjadi Eksternal Baik Laptop Juga Pc
Cara Menciptakan Hardisk Internal Menjadi Eksternal Baik Laptop Juga Pc
Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal Baik Laptop juga PC

Hardisk eksternal merupakan pilihan jitu dikala Anda yang sangat membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat banyak dan sanggup dimasukkan ke dalam tas. Namun harga hardisk eksternal yang sudah jadi itu biasanya sangat mahal,bahkan sanggup dikatakan tidak cocok untuk dompet pelajar.  Sebenarnya ada petunjuk tersendiri untuk "membuat hardisk ekternal sendiri" yang tentu lebih murah tapi tidak kalah berkualitas, adalah dengan "Membuat Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal", baik bekas Laptop maupun PC Dekstop.

Tidak sedikit orang yang membiarkan Laptop atau PC Dekstop nya begitu saja saat sudah rusak. Padahal beberapa komponen masih sanggup kita pergunakanlah, itu ia Hardisk Internal yang sanggup dijadikan Hardisk Eksternal. Kaprikornus apabila Anda memiliki Laptop atau PC Dekstop yang rusak harus di hindari dibiarkan begitu saja ya.

Wajib Baca : Cara Merawat Keyboard Laptop


Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Dalam menciptakan hardisk internal menjadi hardisk ekternal itu sangatlah sederhana. Pertama tentu Anda membutuhkan sebuah hardisk internal dalam keadaan sehat, maksudnya masih berfungsi normal.

Hardisk internal Laptop memiliki kelebihan tersendiri, selain ukurannya juga kecil, nantinya juga tidak membutuhkan asupan daya listrik lagi.Tapi kalau tidak ada Anda juga sanggup mengpergunakanlah hardisk internal PC Dekstop.

Selanjutnya Anda membutuhkan "Casing Hardsik" yang berfungsi sebagai "Converter USB to SATA". Alat ini sanggup Anda beli di beberapa toko online. Harganya juga terjangkau, mulai dari yang murah hingga mahal juga ada. Perbedaanya tentu dari kualitas casing tersebut, semakin mahal tentu akan menunjukkan keawetan dan kecepatan transfer file yang berbeda, begitu juga sebaliknya.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membeli casing hardisk internal, adalah :

  • Beli casing 2.5" kalau Anda mengpergunakanlah hardisk internal Laptop, sebab jenis ini lebih kecil dan cocok dipergunakanlah untuk hardisk internal Laptop
  • Sedangkan kalau Anda mengpergunakanlah hardisk internal PC Dekstop yang lama, yang memiliki ukuran lebih besar, beli casing 3.5".
Intinya sesuaikan dengan hardisk yang Anda pergunakanlah.

Penggunaan Port USB 2.0 dan Port USB 3.0 sama - sama sanggup dipergunakanlah. Namun lebih disarankan untuk mengpergunakanlah Port USB 3.0, sebab memang sanggup meningkatkan kecepatan transfer yang sangat signifikan.

Dalam memasang casing hardisk eksternal sangatlah tidak sulit, Anda niscaya sanggup melakukannya, adalah :
  • Buka pelindung dan skrup hardisk (bila ada), pada dasarnya telanjangi.
  • Masukkan hardisk internal ke dalam casing sepetunjuk hati - hati dan pastikan hingga benar - benar masuk.
  • Masukkan juga converternya ke lubang pin yang ada di hardisk eksternal, hati - hati juga.
  • Anda sudah sanggup mengpergunakanlah hardisk internal menjadi hardisk ekternal. Tapi terpenting dahulu format hardisk tersebut ke format NTFS (Windows) atau FAT (Windows, PS, Xbox).
Bila masih galau petunjuk menciptakan hardisk internal menjadi hardisk ekternal, Anda sanggup menonton video tutorialnya di Youtube. Semoga bermanfaat
Advertisement

Iklan Sidebar