Info Terbaru 2022

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Persegi

Cara Menghitung Luas Dan Keliling Persegi
Cara Menghitung Luas Dan Keliling Persegi

Rumus Keliling Persegi – Belajar matematika semenjak kursi SD maka sudah dikenalkan dengan banyak sekali jenis jenis berdiri termasuk salah satunya yaitu persegi. Dalam matematika juga terdapat rumus persegi termasuk untuk menghitung keliling persegi.

Simak juga yuk: Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Bagi anda yang ingin mencar ilmu atau mengingat kembali rumus persegi yang bentuknya berupa kotak sederhana dan sudah banyak dipelajari semenjak duduk di kursi Sekolah Dasar. Tentunya biar anda sanggup lebih paham mengenai rumus keliling persegi maka sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu persegi beserta rumusnya akan akan dijelaskan dalam artikel berikut ini.

Pengertian Persegi

Definisi dari sudut empat yaitu sektor yang dibuat oleh empat buah garis di dalam satu sektor yang keempat sudutnya berupa segi siku-siku. Sudut empat tersebut tidak jarang juga dinamakan tengah bersama empat persegi panjang.

Sebuah sudut empat terdiri atas permulaan empat sudut yaitu dua sudut panjang serta dua sudut lebar. Untuk sudut panjang yaitu pecahan segi empat yang lebih panjang dibandingkan sisi lainnya sehingga disebut dengan persegi panjang.

Namun bila semua sisi tersebut mempunyai panjang yang sama maka disebut dengan bujur kandang atau segi empat atau persegi. Tentunya persegi mempunyai empat sisi yang istimewa sebab keempat sisi tersebut mempunyai panjang yang sama.

Meskipun terlihat sederhaa namun tak jarang banyak orang yang justru salah dikala menghitung atau memakai rumus keliling persegi. Banyak orang yang beranggapan bahwa menghitung keliling persegi yaitu hal yang sangat gampang dilakukan. Tetapi pada kenyataannya banyak orang yang salah menghitung jawaban dihadapkan pada soal-soal yang rumit.

Sebab ternyata dalam soal tersebut kemungkinan panjang sisi persegi tidak diketahui namun yang diketahui yaitu luas persegi. Untuk itulah bila anda ingin menghitung keliling persegi namun yang diketahui yaitu luasnya maka yang harus anda lakukan pertama kali yaitu mencari panjang sisi persegi tersebut.

Rumus Keliling Persegi

 Belajar matematika semenjak kursi SD maka sudah dikenalkan dengan banyak sekali jenis Cara Menghitung Luas dan Keliling Persegi
Rumus Keliling Persegi via RumadiSpd

Secara umum, rumus keliling persegi dalam matematika dinyatakan dengan rumus sebagai beikut K= 4s dengan s yaitu panjang sisi persegi. Sedangkan untuk rumus luas persegi yaitu

L = s2

Berdasarkan rumus keliling persegi tersebut maka anda sanggup mulai menghitung panjang sisi persegi dengan memakai hasil dari luas yang telah diketahui. Untuk panjang sisi persegi dicari dari akar luas persegi tersebut.

Contoh Soal dan Pembahasan

1.] Bila diketahui luas sebuah persegi yaitu 100 cm2, maka tentukan keliling persegi tersebut !

Jawab :

s= √100

s = 10

Keliling = 4 x s

= 4 x 10

= 40 cm

Jadi keliling persegi tersebut yaitu 40 cm.

2.] Jika sebuah persegi mempunyai panjang sisi 15 cm , maka tentukan keliling persegi tersebut !

Jawab :

Keliling = 4 x s

= 4 x 15

= 60 cm

Jadi keliling persegi tersebut yaitu 60 cm.

3.] Sebuah persegi mempunyai luas 16 cm2, hitunglah keliling dari persegi tersebut !

s= √16

s = 4

Keliling = 4 x s

= 4 x 4

= 16 cm

Jadi keliling persegi tersebut yaitu 16 cm.

***

Itulah tadi klarifikasi mengenai mengenal persegi dan rumus keliling persegi yang sanggup menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin mengulang kembali bahan perihal persegi maka jangan hingga ketinggalan untuk mempelajari kembali rumus dari keliling persegi.

Meskipun gampang dihafalkan namun bila anda kurang memahami cara menggunakannya maka sanggup jadi dikala bertemu dengan soal yang rumit maka anda akan sulit untuk memecahkan soal tersebut.

Simakjuga yuk:  Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

Advertisement

Iklan Sidebar