Info Terbaru 2022

Rumus Kerucut: Volume Luas Permukaan

Rumus Kerucut: Volume Luas Permukaan
Rumus Kerucut: Volume Luas Permukaan

Rumus Kerucut – Kerucut merupakan limas yang mempunyai ganjal berbentuk lingkaran. Dimana limas dengan ganjal segi-n mempunyai sisi tegak dengan bentuk segitiga. Namun alasannya yakni ganjal kerucut mempunyai bentuk bundar maka kerucut mempunyai sisi tegak yang melengkung.

Terdapat luas ganjal di dalam rumus untuk menghitung volume limas. Luas ganjal inilah yang dijadikan sebagai dasar untuk menghitung luas permukaan. Dengan demikian rumus kerucut untuk mencari volume serta luas permukaan maka anda perlu mengingat bahwa kerucut mempunyai ganjal yang berbentuk lingkaran.

Untuk lebih jelasnya kerucut yakni benda dengan bundar di bab bawahnya serta melancip pada bab atas. Bentuk ini memang dianggap sangat unik sehingga untuk menghitung volume kerucut maka diperoleh dengan cara tersendiri dan tidak hanya mengalikan tiga buah nilai panjang dari ukuran kerucut tersebut.

Hal ini memang berbeda dengan berdiri ruang lainnya speerti balok yang volumenya dicari melalui perkalian panjang x lebar x tinggi. Untuk mengetahui isi kerucut maka perlu diketahui volumenya.

Sedangkan bila ingin mempersiapkan materi pembuata kerucut maka perlu diketahui luas permukaan kerucut tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan rumus kerucut volume dan luas permukaan.

 Kerucut merupakan limas yang mempunyai ganjal berbentuk bundar Rumus Kerucut: Volume  Luas Permukaan
Rumus Kerucut

Rumus Kerucut untuk Menghitung Volume

Volume kerucut sanggup dihitung dengan memakai rumus volume limas. Oleh alasannya yakni itu anda perlu mengetahui luas permukaan serta tinggi kerucut tersebut. Dengan demikian rumus kerucut untuk menghitung volume sanggup dijabarkan sebagai berikut.

Volume = 1/3 x luas ganjal x tinggi

Luas ganjal kerucut sanggup dihitung memakai rumus luas bundar yaitu πr2. Untuk nilai r yakni jari-jari bundar serta π merupakan konstanta yang nilainya 22/7 atau 3,14. Dengan demikian rumus volume kerucut sanggup dinyatakan dengan :

Volume kerucut = 1/3 x π x r2 x t

Rumus Kerucut untuk Menghitung Luas Permukaan

Untuk luas permukaan kerucut sanggup dihitung dengan menambahkan luas ganjal dengan luas selimut kerucut tersebut. Selimut kerucut yakni sisi permukaan tegak yang melengkung. Dengan demikian rumus kerucut untuk menghitung luas permukaan sanggup dinyatakan dengan :

Luas permukaan kerucut = luas ganjal + luas selimut

Luas permukaan kerucut = π x r2 + π x r x s

Luas permukaan kerucut = π x r (r + s)

Luas ganjal kerucut berbentuk bundar sehingga rumus L = πr2. Sedangkan untuk luas selimut kerucut sanggup anda hitung dengan rumus  L = πx r x s . untuk s yakni panjang garis pelukis kerucut tersebut. Garis pelukis ini yakni panjang sisi tegak melengkung dari ujung tas sampai ke bawah.

Segitiga siku-siku terbentuk oleh jari-jari, garis pelukis dan tinggi dengan sudut siku-siku di pertmuan jari-jari serta tinggi. Dengan demikian bila garis pelukis belum diketahui  maka garis pelukis kerucut sanggup anda cari memakai teori pythagoras yaitu :

s = s = garis pelukis ==> s = √(r² + t²)

Contoh soal:

Seorang anak ingin menciptakan topi berbentuk kerucut dengan memakai karton. Topi tersebut rencananya akan dibentuk dengan tinggi 16 cm serta diameternya 24cm. Hitunglah luas kertas karton yang diharapkan oleh anak tersebut untuk menciptakan topi !

Jawab :

Diameter = 24 cm

Jari-jari = 12cm

Tinggi = 16 cm

garis pelukis : s = √(r² + t²)

= √(12² + 16²)

= √(144 + 256)

= √400 =20

s = 20 cm

Luas selimut kerucut = π x r x s

= 3,14 x 12 x 20

= 753,6

Jadi luas karton yang diharapkan untuk menciptakan topi yakni 753, 6 cm2.

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus kerucut untuk menghitung volume dan luas permukaan yang sanggup menambah wawasan anda. Melalui warta di atas sekarang anda sanggup berguru menerapkan rumus volume dan luas permukaan kerucut secara lebih gampang sehingga soal-soal berkaitan dengan kerucut sanggup anda selesaikan dengan benar.

Jangan lewatkan juga: Rumus Balok – Luas Sisi, Volume, Diagonal Ruang Bidang

Advertisement

Iklan Sidebar