Info Terbaru 2022

Yuk Berguru Fisika, Rumus Energi Kinetik Plus Teladan Soalnya!

Yuk Berguru Fisika, Rumus Energi Kinetik Plus Teladan Soalnya!
Yuk Berguru Fisika, Rumus Energi Kinetik Plus Teladan Soalnya!

Sebelum anda mencar ilmu lebih dalam mengenai rumus energi kinetik, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan energi kinetik. Dimana energi kinetik sanggup diartikan sebagai energi dimiliki oleh sebuah objek lantaran adanya gerakan objek tersebut.

Energi sendiri sanggup diartikan sebagai perjuangan yang diharapkan untuk menciptakan sebuah benda yang membisu menjadi bergerak sehingga jadinya mempunyai kecepatan tertentu. Sehingga energi yang dipakai ini ialah energi ekstra yang diperoleh dari objek tersebut lantaran perjuangan yang sudah dilakukan untuk mempercepat gerak objek tersebut.

Karena berkaitan dengan pergerakan maka akan selalu terdapat kecepatan dalam rumus energi kinetik. Perlu anda ketahui pula bahwa kata kinetik bekerjsama berasal dari kata Yunani Kinesis yang berarti gerakan. Dalam menghitung energi kinetik ini anda akan mempelajari dua mekanika.

Artikel terkait: Kumpulan Contoh Soal Gerak Parabola dan Pembahasannya

Dimana dua jenis mekanika tersebut ialah mekanika Newton klasik serta mekanika relativistik. Untuk mekanika relativistik merupakan bentuk yang akurat dari mekanika pengganti Newton alasannya mekanika Newton hanya sanggup dipakai ketika kecepatan sebuah objek melebihi kecepatan cahaya.

Sebelum anda mencar ilmu lebih dalam mengenai  Yuk Belajar Fisika, Rumus Energi Kinetik Plus Contoh Soalnya!
Ilustrasi: Rumus Energi Kinetik

Rumus Energi Kinetik dan Contoh Soalnya

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Jadi Juara akan menjelaskan rumus energi kinetik plus pola soalnya yang perlu anda ketahui.

Rumus Energi Kinetik Benda Tegar

Syarat benda mempunyai energi kinetik ialah benda tersebut mempunyai masa dan benda dalam keadaan bergerak atau mempunyai kecepatan. Kecepatan disini ialah kecepatan rata-rata atau kecepatan yang konstan.

Apabila sebuah benda tegar bergerak dengan kecepatan non relativistik (kecepatan yang lebih kecil dari kecepatan cahaya) maka rumusnya menjadi :

Ek = ½  x m x v2

Keterangan :
m = massa dari benda tegar (kg)

v= kecepatan (m/s)

Ek = energi kinetik (Joule)
Contoh Soal :

1. Sebuah benda mempunyai massa 80kg bergerak dengan kecepatan sebesar 40m/s. Berapakah energi kinetik yang diharapkan oleh benda tersebut ?
Jawab :

Ek = ½  x m x v2

      = 1/2 x 80kg x 40×40 m/s = 64.000 Joule

2. Adi mengendarai sepeda dengan kecepatan 2 m/s. jikalau massa sepeda tersebut 20 kg, maka tentukanlah energi kinetiknya !

Jawab :

Ek = ½  x m x v2

= ½ x 20 x 22= 40 Joule

Rumus tersebut juga sanggup dinyatakan dalam bentuk momentum atau p alasannya diketahui bahwa p = m x v, sehingga rumus energi kinetik menjadi :

Ek = p2 / 2 m

Keterangan :

p= momentum

m = massa (kg)

3. Sebuah benda mempunyai massa 50 kg dan kecepatan 3,80 m/s. Berapa jumlah energi kinetiknya?

Jawab:

EK = 0,5 mv2

EK = 0,5 x 50 x (3,80)2

EK = 0,5 x 50 kg x 14,44 m2/s2

EK = 361 J

4. Berapa kecepatan suatu benda jikalau mempunyai massa 25 kg dengan energi kinetik 400 joule?

Jawab:

EK = 0,5 x mv2

400 J = 0,5 x 25 x v2

v= 400 J /0,5 x 25 kg

     = 400 j/ 12,5 kg

v= 32 m2/s2

v =    √32 m/s

v = 5/6 m/s

Energi Kinetik Rotasi

Apabila sebuah objek tidak bergerak secara linier tetapi justru berotasi maka rumus tersebut tidak sanggup dipakai untuk menghitung energi kinetiknya. Sehingga rumus tersebut akan berubah untuk objek yang berotasi menjadi :

Er = ½ x I x ω2

Keterangan :

I = momen inersia

ω = kecepatan sudut

Dengan demikian jikalau anda ingin menghitung energi kinetik sebuah objek yang berotasi maka anda terlebih dahulu harus mengetahui momen inersia dari objek tersebut dan juga kecepatan sudutnya.

Energi Kinetik Relativistik

Apabila anda akan menghitung objek yang bergerak dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya atau relativistik maka rumus untuk menghitung energi kinetiknya akan berbeda lagi. Sebab untuk energi kinetik relativistik ini tidak memakai rumus menurut mekanika Newton klasik. Tetapi anda sanggup memakai rumus berikut ini :

Ek = m x γ x c2 – m x c2
Dimana γ= 1 / (), c  merupakan kecepatan cahaya, dan m ialah massa objek tersebut.

***

Itulah klarifikasi mengenai cara menghitung rumus energi kinetik yang terdiri dari 3 jenis energi kinetik. Melalui klarifikasi di atas sekarang anda sanggup memperoleh wawasan gres dan meningkatkan pemahaman anda sehingga nantinya sanggup lebih gampang dalam menuntaskan soal-soal yang berkaitan dengan energi kinetik.

Agar lebih paham lagi, simak juga yuk adik-adik: Contoh Soal Energi Kinetik dan Pembahasannya

Advertisement

Iklan Sidebar