Info Terbaru 2022

Rumus Luas Persegi Pola Soal

Rumus Luas Persegi Pola Soal
Rumus Luas Persegi Pola Soal

Rumus Luas Persegi – Bagi anda yang bahagia dengan mata pelajaran matematika mungkin sudah tidak abnormal lagi dengan persegi. Dalam matematika mungkin ada sebagian orang yang sering sulit membedakan antara persegi dan persegi panjang. Padahal kedua bangkit ini memang berbeda dari segi ukuran sisinya maupun bentuknya.

Namun perlu anda ketahui bahwa persegi mempunyai sisi-sisi dengan ukuran sama panjang. Untuk menghitung luas persegi maka anda dapat memakai rumus luas persegi yang gampang dan dapat anda terapkan untuk menuntaskan soal-soal matematika.

Rumus Luas Persegi

Untuk menghitung sebuah persegi yang terdiri dari kotak-kotak maka yang dapat anda lakukan ialah menghitung jumlah seluruh kotak di dalam persegi tersebut. Namun cara ini dianggap cukup usang dan membutuhkan kecermatan.

 Bagi anda yang bahagia dengan mata pelajaran matematika mungkin sudah tidak abnormal lagi den Rumus Luas Persegi  Contoh Soal
Ilustrasi: Persegi

Tak perlu khawatir lantaran untuk memudahkan anda menghitung luas persegi maka dapat dilakukan dengan mengalikan panjang sisi dengan sisi lainnya. Misalnya saja persegi tersebut mempunyai panjang sisi sebanyak 6 kotak maka silakan kalikan dengan sisi lainnya yang panjangnya juga 6 kotak.

Dengan demikian luas persegi tersebut ialah 6 x 6 = 36. Maka untuk menghitung luas persegi anda dapat memakai rumus luas persegi yaitu :

Rumus Luas Persegi = s x s atau L = s²

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi

1. Jika sebuah poster mempunyai bentuk persegi dengan panjang sisinya 20 meter maka hitunglah luas poster tersebut !

Jawab : s = 20 meter

L = sisi x sisi

L = 20 x 20 = 400 meter2

2. Sebuah jendela berbentuk persegi mempunyai panjang sisi 12 cm. Maka hitunglah luas dari jendela tersebut !

Jawab : s = 13 cm

L = sisi x sisi

L = 13 x 13 = 139 cm2

****

Tambahan Soal Matematika

Untuk mencari luas persegi maka anda dapat memakai rumus luas persegi kalau sudah diketahui panjang sisinya. Namun kalau panjang sisi persegi tersebut belum diketahui melainkan yang diketahui ialah luasnya dan kelilingnya maka anda dapat mencari sisi persegi terlebih dahulu.

Supaya anda lebih gampang dalam menghitung luas persegi maka berikut akan diberikan teladan cara lain menghitung sisi persegi dan luas persegi dengan klarifikasi sebagai berikut.

Luas Persegi Jika Diketahui Luasnya

Ketika anda dihadapkan pada soal luas persegi namun yang diketahui ialah luas persegi tersebut maka anda harus mencari panjang sisinya. Untuk menemukan panjang sisi persegi maka silakan mengakarkan luas persegi yang sudah diketahui dengan rumus sebagai berikut : s =

Contoh soal :

Bila diketahui luas sebuah persegi ialah 49 cm2 maka hitunglah panjang sisi dari persegi tersebut.

Jawab : L = 49 cm2

                s =  =

= 7cm .

Luas Persegi Jika Kelilingnya Diketahui

Untuk menghitung luas persegi maka anda dapat memakai rumus luas persegi kalau sisinya suda diketahui. Namun kalau yang diketahui ialah keliling persegi maka silakan cari terlebih dahulu panjang sisi persegi tersebut dengan cara berikut ini:

Keliling = 4 x sisi sehingga sisi persegi = Keliling : 4

Contoh soal :

Jika sebuah lapangan berbentuk persegi mempunyai keliling 40 meter maka tentukan luas dari lapangan tersebut !

Jawab : K = 40 meter

s  = K : 4

s = 40 : 4

s = 10 meter

L persegi = sisi x sisi

= 10 x 10

= 100 m2

Jadi luas persegi tersebut ialah 100 m2.

****

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus luas persegi dan cara mengerjakan soal-soal yang dapat menambah wawasan anda. Bagi anda yang masih belum paham atau mungkin ingin mengulas kembali cara menghitung luas persegi maka silakan pahami klarifikasi di atas. Dengan demikian menghitung luas persegi akan semakin gampang meskipun dihadapkan pada aneka macam tipe soal.

Artikel terkait: Rumus Luas Persegi Panjang dan Contoh Soal

Advertisement

Iklan Sidebar