Info Terbaru 2022

Rumus Massa Jenis Pola Soal Plus Jawaban

Rumus Massa Jenis Pola Soal Plus Jawaban
Rumus Massa Jenis Pola Soal Plus Jawaban

Rumus Massa Jenis – Dalam berguru ilmu Fisika tentu anda sudah tidak aneh dengan massa jenis atau densitas. Dimana massa jenis merupakan sebuah besaran kerapatan massa benda yang dinyatakan dalam berat benda persatun volume dari benda tersebut.

Untuk besaran massa jenis sanggup membantu anda dalam menjelaskan mengapa benda yang berukuran sama sanggup mempunyai berat yang berbeda. Benda yang ukurannya lebih besar belum tentu akan mempunyai berat yang lebih besar dibandingkan dengan benda yang lebih kecil.

Misalnya saja sebutir kelereng lebih berat jika dibandingkan dengan sebuah spons untuk mencuci piring. Untuk menghitung massa jenis sebuah benda maka anda sanggup memakai rumus massa jenis.

Rumus Massa Jenis

Berdasarkan klarifikasi mengenai massa jenis menyerupai yang sudah disampaikan di atas sanggup diketahui bahwa massa jenis ialah berat benda persatuan volume benda. Dengan demikian jika dituliskan menjadi rumus maka rumus massa jenis benda yaitu :

Massa jenis = massa / volume

Dalam fisika, rumus untuk menghitung massa jenis sering ditulis sebagai berikut :

 Dalam berguru ilmu Fisika tentu anda sudah tidak aneh dengan massa jenis atau densitas Rumus Massa Jenis  Contoh Soal Plus Jawaban

Keterangan :

ρ  = massa jenis

m = massa

v = volume

Satuan Massa Jenis

Berdasarkan rumus massa jenis yang sudah dijelaskan di atas diketahui bahwa massa jenis diperoleh dari massa dibagi volume benda. Maka untuk satuan massa jenis tersebut ialah satuan massa / volume.

Bila memakai sistem Satuan Internasional atau SI maka satuan massa jenis ialah kg/m3 atau dibaca kilogram permeter kubik. Selain itu terdapat beberapa satuan massa jenis lainnya yang sanggup dipakai dalam ilmu fisika antara lain :

  1. Gram per centimeter kubik (g/cm3)
  2. Metric ton per meter kubik (t/(g/m3)
  3. Miligram perdeciliter (mg/dL)
  4. Gram per militer (g/mL)
  5. Kilogram per liter (kg/L)
  6. Kilogram per meter kubik (kg/m3)

Artikel terkait: Rumus Energi Kinetik Plus Contoh Soalnya!

Contoh Soal Cara Menghitung Massa Jenis

Agar lebih memahami materi wacana massa jenis, berikut ini beberapa teladan soal yang sanggup anda kerjakan:

1. Sebuah kayu mempunyai massa 1.400 kg dengan volume 2 meter kubik. Berapakah massa jenis kayu tersebut ?

Jawab :

m  = 1400kg

v   = 2 m3

            ρ  = m/v

            ρ  = 1400 kg/ 2 m3

            ρ  = 700 kg/m3

         Makara massa jenis kayu tersebut ialah 700 kg/m3

2. Diketahui 1 tong berisi 5 liter lumpur dengan massa total 6 kilogram. Hitunglah massa jenis lumpur di dalam tong tersebut dalam satuan kilogram/ liter !

Jawab :

m  = 6kg

v  = 5 liter

            ρ  =6kg/5 L

            ρ  =  = 1,2 kg/L

       Makara massa jenis lumpur tersebut ialah 1,2 kg/L

3. Diketahui sebuah benda berbentuk kubus dibentuk dari materi sintetik. Kubus tersebut mempunyai panjang rusuk 10cm dan beratnya setengah kilogram. Berapakah massa jenis kubus tersebut dalam satuan kg/m3 ?

Jawab :

m = 0,5 kg

s   = 10 cm

volume kubus = s x s x s

Volume kubus = 10 x 10 x 10 = 1000 cm3 = 0,001 m3

            ρ  = m/v

ρ  =  = 500kg/ m3

Jadi masaa jenis kubus tersebut ialah 500kg/ m3.

***

Demikianlah klarifikasi mengenai berguru mengenai rumus massa jenis yang sanggup menambah pemahaman adik-adik. Melalui klarifikasi di atas sekarang kau sanggup memahami bahwa benda yang mempunyai ukuran lebih besar belum tentu akan mempunyai berat yang lebih besar juga.

Hal ini disebabkan lantaran adanya massa jenis yang berbeda-beda pada setiap benda. Untuk itulah anda sebaiknya perlu menghitung massa jenis benda tersebut jika sudah diketahui massa dan volumenya kemudian masukkan ke dalam rumus menghitung massa jenis menyerupai klarifikasi di atas.

Artikel terkait: Jenis-jenis Gaya dan Rumus Gaya Plus Contoh Soal

Advertisement

Iklan Sidebar