Info Terbaru 2022

Rumus Volume Kerucut Dan Teladan Soalnya!

Rumus Volume Kerucut Dan Teladan Soalnya!
Rumus Volume Kerucut Dan Teladan Soalnya!

Rumus Volume Kerucut – Kerucut merupakan bentuk geomteri tiga dimensi yang mempunyai bantalan datar berupa bulat serta mempunyai bentuk yang mengecul secara teratur menuju arah aksial sampai mencapai titik yang disebut dengan apeks atau klimaks kerucut.

Sebetulnya kerucut yaitu limas yang mempunyai bantalan bulat sehingga biasanya kerucut juga disebut dengan limas istimewa. Untuk sisi tegak kerucut yang berupa bidang miring disebut dengan selimut kerucut. Sedangkan sisi lainnya disebut dengan bantalan kerucut.

Dari klarifikasi tersebut dapat diketahui bahwa kerucut terdiri dari 2 sisi serta satu rusuk saja. Karena merupakan bangun ruang maka kerucut mempunyai volume yang dapat anda hitung memakai rumus volume kerucut.

Mengenal Bagian Kerucut

Kerucut merupakan berdiri ruang yang mempunyai bantalan berbentuk bulat sehingga kerucut juga mempunyai jari-jari alas. Dimana jari-jari bantalan tersebut merupakan jarak antara bulat bantalan menuju titik sentra bulat alas.

Sedangkan untuk diameter bantalan merupakan jarak garis lurus sebuah permukaan bulat bantalan menuju ke permukaan di sebelahnya dan melalui titik sentra bulat alas. Dengan demikian pada sebuah lingkaran, besar diameternya yaitu dua kali besar jari-jari bulat tersebut.

Selain mempunyai jari-jari atau diameter, ternyata kerucut juga mempunyai tinggi. Dimana untuk tinggi kerucut ini merupakan jarak antara titik sentra bulat dengan klimaks kerucut tersebut. Sebuah kerucut merupakan silider yang mengalami peruncingan pada salah satu bab ujungnya. Untuk itulah konsep dimensi tinggi kerucut sama dengan tinggi sebuah silinder atau tabung.

Dari klarifikasi bab kerucut tersebut maka akan memudahkan pemahaman anda mengenai menghitung volume kerucut. Volume kerucut merupakan ruang tiga dimensi yang ada di dalam kerucut. Contohnya sebuah kerucut yang dibentuk dari beton pejal mempunyai volume satu meter kubik maka jumlah dari volume beton yang mengisi ruang di dalam kerucut tersebut juga sebesar 1 meter kubik.

Rumus Volume Kerucut

Untuk memudahkan anda dalam menghitung volume kerucut maka anda harus mengetahui terlebih dahulu nilai dari jari-jari atau diameter sebuah kerucut serta tingginya. Bila jari-jari dan volume kerucut sudah diketahui maka anda dapat menghitung nilai volume kerucut dengan memakai rumus volume kerucut sebagai berikut:

 Kerucut merupakan bentuk geomteri tiga dimensi yang mempunyai bantalan datar berupa bulat Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya!
Ilustrasi: Rumus Volume Kerucut

Volume = 1/3 x luas bantalan x tinggi  atau  Volume = 1/3 x π x r2 x t

Keterangan :

π = 22/7 atau 3,14 (konstanta lingkaran)

r = radius atau jari-jari alas

t = tinggi kerucut

Contoh Soal Menghitung Volume Kerucut

1.] Sebuah nasi tumpeng berbentuk kerucut mempunyai tinggi 30 cm dan panjang jari-jarinya 10cm. Tentukan volune nasi tumpeng tersebut !

Jawab :

t = 30 cm

r = 10 cm

V = 1/3 x π x r2 x t

V = 1/3 x 3,14 x 10 x 10 x 30

= 3140 cm3

Jadi vomume nasi tumpeng tersebut yaitu 3140 cm3.

2.] Sebuah beton berbentuk kerucut mempunyai diameter bantalan sebesar 84cm serta tingginya 75cm. Tentukan volume dari beton berbentuk kerucut tersebut !

t = 75 cm

r = 84 cm

V = 1/3 x π x r2 x t

V = 1/3 x 22/7 x 42 x 42 x 75

V  = 138.600 cm3

Jadi volume beton yang berbentuk kerucut tersebut yaitu 138.600 cm3.

****

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus volume kerucut yang dapat menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin berguru kembali wacana kerucut atau ingin lebih memahami wacana berdiri ruang kerucut maka silakan mencoba menerapkan rumus di atas untuk menuntaskan soal-soal latihan yang biasanya sering muncul dalam ujian.

Artikel terkait: Rumus Volume Kubus, Contoh Soal Plus Jawabannya!

Advertisement

Iklan Sidebar